RajaBacklink

Lebih Mengenal 3 Kebudayaan NTT Yang Bisa Menarik Daya Wisata

18 Mar 2021  |  329x | Ditulis oleh : Admin
Lebih Mengenal 3 Kebudayaan NTT Yang Bisa Menarik Daya Wisata

Jika membicarakan budaya di Indonesia pastinya sangat banyak dan beragam, tidak terkecuali budaya di NTT yang tak kalah menarik dengan daerah lain. Destinasi wisatanya juga menjadi daya tarik tersendiri untuk dikunjungi.

Sebelum berlibur keluar negeri, sebaiknya kita kunjungi  dulu berbagai daerah menarik yang ada di Indonesia termasuk salah satunya NTT. Dibalik daya wisatanya, NTT memiliki sejumlah budaya yang perlu diketahui, terutama bagi warga Indonesia sendiri.

Mungkin jika dijabarkan kebudayaan dari Provinsi NTT ini sangat luas. Dari berbagai pulau yang tersebar ini menjadikan provinsi tersebut kaya akan budaya. Berikut ini budaya NTT yang bisa menarik wisatawan untuk datang mengunjungi;

1. Rumah Adat Saona Musalai Kirana

NTT dengan kepanjangan Nusa Tenggara Timur ini terletak di bagian tenggara Indonesia.  Keunikan dari provinsi yang satu ini terbagi oleh berbagai pulau yang memisah, bahkan terhitung sekitar 550 pulau. Dari sekian banyaknya pulau, ternyata terdapat pulau utama yang diandalkan yaitu, Sumba, Flores, dan Timor Barat. Adanya pulau yang tersebar inilah yang membuat NTT kaya akan budayanya.

Rumah adat ini berbentuk seperti rumah panggung. Biasanya yang menempati rumah adat ini adalah pejabat daerah, seperti lurah dan camat. Keunikan dari rumah adat ini terdapat bagian yang ditujukan untuk menerima para tamu yang hadir. Bagian rumah tersebut dinamakan sebagai balai yang memanjang dan tiangnya dengan landasan batu besar.

2. Budaya Tari Bolelebo

Tarian ini bertujuan untuk menyambut tamu yang hadir. Ketika menari baju yang dikenakan adalah pakaian adat suku rote. Tarian ini bisa digunakan untuk berbagai acara menyambut tamu, bahkan juga dapat dijadikan destinasi wisata yang unik.

3. Tari Dodakado

Tarian ini menjadi hiburan bagi masyarakat NTT. Tarian ini juga menggambarkan keceriaan bagi remaja disana. Sangat cocok dikenakan sebagai tambahan destinasi wisata.

Budaya di NTT memiliki ciri khas tersendiri yang tidak dipunyai masyarakat luar daerah tersebut. Mungkin pengunjung yang berasal dari luar daerah akan merasa sangat berbeda dan tak pernah mengetahui semua budaya di NTT. Sehingga bisa dimanfaatkan lebih lanjut untuk pengolahan wisata yang lebih menarik lagi nantinya.

Baca Juga: