RajaBacklink

Kain Katun ada Ragam Jenisnya, Lalu Seperti apa sih Kain Katun Jepang itu?

12 Jul 2021  |  315x | Ditulis oleh : Admin
Kain Katun Jepang

Untuk membuat sebuah pakaian pastinya akan membutuhkan bahan dari kain sebagai bahan dasarnya. Beragam jenis kain sudah tersedia di Indonesia yang dihasilkan dari banyak industri kain dalam maupun luar negeri.  Jenis kain yang sering kita jumpai adalah dari jenis kain katun, yang banyak tersedia di berbagai toko kain gelondongan juga pabrik tekstil. Kain jenis ini banyak digunakan di industri tekstil untuk produksi dalam jumlah besar.

Kain katun memang sangat nyaman dan memiliki tekstur yang lembut (tidak kasar sama sekali). Sehingga sangat aman ketika digunakan tanpa harus khawatir akan terkena iritisi kulit jika menggunakan pakaian dari jenis kain katun. Kain katun memang memiliki banyak kelebihan dari pada kain jenis lain. Berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan dari kain katun;

Kelebihan:

- Kain Lebih Nyaman

- Adem Saat Digunakan

- Bahan Lebih Awet dan Tahan Lama

- Lebih Menyerap Keringat

- Tidak Membuat Alergi

Kekurangan:

- Beberapa Jenis Kain Katun Mudah Sekali Kusut

- Beberapa Jenis Terlalu Tipis (menerawang)

- Mudah Luntur Untuk Katun Yang Diberi Pewarna

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan dari kain katun, yang bisa menjadi bahan pertimbangan anda ketika akan memilih jenis kain untuk pembuatan pakaian.

Kain Katun yang beredar di pasaran sangatlah beragam jenisnya, tapi dari semua jenis kain katun pastinya terbuat dari serat kapas asli. Ciri dan kualitas dari kain katun juga pastinya akan berbeda karena sudah mempunyai nama dan ciri khasnya masing-masing. Di dunia konveksi kain katun sudah menjadi primadona dalam pemilihan bahan untuk dijadikan pakaian pria maupun wanita. Pemilihan jenis kain katun pastinya tergantung dari produk pakaian apa yang mau kita hasilkan. Seperti contohnya ingin membuat pakaian, celana, atau kerudung. Pastinya jenis kain katun yang di pilih akan berbeda-beda.

Kain Katun Jepang misalnya, jenis kain yang mempunyai karakteristik tersendiri. Jenis kain ini bukan berasal dari dalam negeri, pabriknya sendiri memang berasal dari negara Jepang. Makanya sampai sekarang jenis kain katun ini dinamakan katun jepang. Kain katun jenis ini sudah banyak juga dipasaran, mungkin juga anda pernah mendengarnya tapi tidak tahu bagaimana ciri dari kain katun jepang tersebut.

Kain katun jepang biasanya memiliki banyak corak atau motif  dengan warna yang sangat cerah dan mencolok sebagai ciri khususnya. Kain katun ini juga sering digunakan untuk membuat busana wanita seperti gamis, daster atau pakaian wanita lainnya yang memiliki corak. Bukan hanya itu, kain katun jepang juga sering digunakan untuk sampul AlQur’an, mukena dan sprai.

Pasti banyak yang akan kebingungan membedakan mana jenis kain katun jepang mana yang bukan katun jepang. Karena dari jenis kain katun bermotif yang ada memang semuanya sangat mirip dengan jenis katun jepang. Lalu bagaimana cara mengetahui ciri dari kain katun jepang? Berikut ini adalah ciri-ciri yang dimiliki kain katun jepang yang wajib anda simak;

1. Pada bagian sisi ujung kain biasanya terdapat label atau tulisan (Pure Cotton Japanesse)

2. Terbuat dari 90 – 100% cotton

3. Memiliki tekstur kain yang halus, relatif lembut, ringan dan tidak berbulu

3. Memiliki warna cerah (seperti mengkilap atau Glossy)

4. Menyerap keringat

5. Harga lebih mahal dari kain katun lain.

Itulah ciri yang membedakan kain katun jepang dengan kain katun lainnya yang bisa anda terapkan saat akan memilih kain katun jepang sebagai bahan pakaian yang akan anda buat atau produksi. Kain katun jepang memang terbuat dari serat kapas yang sangat lembut, sehingga harga dipasaran pun memang sedikit lebih mahal. Jadi jangan sampai tergiur dengan harga murah, tapi yang anda beli malah katun biasa. Tentu nanti akan mengecewakan saat pakaian tersebut sudah jadi dan ternyata tidak nyaman saat digunakan.

Sebagai orang awam terhadap jenis kain katun, sebaiknya memang harus berhati-hati ketika memilih bahan kain katun jepang ini. sebaiknya ajak teman atau saudara anda yang sudah lebih tahu tentang kain katun jepang, agar tidak tertipu dan malah membuat kerugian untuk anda nantinya.

Baca Juga: