Tryout.id

5 Makanan Khas Betawi Paling Populer Yang Pasti Enak & Lezat

23 Mar 2021  |  134x | Ditulis oleh : Admin
5 Makanan Khas Betawi Paling Populer Yang Pasti Enak & Lezat

Sebagai ibu kota negara, ternyata Jakarta tidak hanya terkenal dengan gedung-gedung tingginya saja. Tetapi Jakarta juga punya cerita pada makanan-makanan yang menjadi ciri khas. Suku Betawi adalah sebutan untuk penduduk asli yang tinggal di kota Jakarta. Sejarah Betawi begitu dinamis bahkan sampai mempengaruhi warisan budaya dan kulinernya.

Di Jakarta pun anda bisa menemukan makanan khas di sana. Makanan khas disana memiliki ciri unik dan tentu saja dengan rasa yang lezat. Namun seiring berjalannya waktu, makanan khas Betawi ini kian surut dan hampir punah. Oleh karena itu, sangat penting bagi kita untuk melestarikan warisan kuliner nenek moyang ini.

Berikut ini ada 5 makanan khas betawi paling populer yang perlu anda ketahui:

1. Kerak telor

Masyarakat Indonesia mesti tahu apa itu kerak telor. Makanan ini sangat populer pada acara Pekan Raya Jakarta. Bentuknya hampir mirip martabak tetapi yang berbeda di antara keduanya adalah pada cara membuat isinya. Isi kerak telor adalah ketan dan ubi. Dan cara memasak kerak telor sangat unik, yaitu dengan cara dipanaskan di atas tungku arang.

2. Ketoprak

Ketoprak hampir sama dengan gado-gado. Yang berbeda adalah pada ketoprak tidak terdapat sayuran-sayuran hijau panjang. Ketoprak biasanya terdiri dari lontong atau ketupat, toge, bihun dan tahu. Semuanya dijadikan satu dan kemudian disiram dengan sambal kacang. Dan terakhir ditaburi kerupuk.

3. Semur jengkol

Jakarta terkenal dengan makanan semur jengkolnya. Dan semur jengkol adalah makanan khas Betawi yang dijamin keasliannya, karena semur jengkol khas Betawi biasanyal tidak terlalu bau. Caranya adalah dengan merendam jengkol di air kapur atau air rebusan tangkai padi.

4. Laksa Betawi

Laksa berasal dari daerah Cibinong. Biasanya laksa berisi bihun, perkedel, telur, daun kemangi dan daun kucai. Makanan ini merupakan makanan yang dipengaruhi budaya Cina yang memiliki rasa gurih dan manis. Dan tidak aneh jika kita menemui penjual makanan ini adalah seorang Cina Betawi.

5. Soto betawi

Makanan khas lainnya dari Betawi adalah soto Betawi. Soto Betawi juga memiliki rasa yang khas. Soto berkuah santan ini biasa berisi daging sapi, kentang dan tomat. Rasanya gurih dan lezat. Dan paling cocok jika anda menyantap soto Betawi bersama dengan nasi putih untuk makan siang.

Itulah 5 makanan khas Betawi yang bisa anda santap bersama keluarga. Beberapa makanan khas Betawi tersebut bisa anda dapatkan hanya di beberapa lokasi saja di Jakarta.

Baca Juga: