rajaseo

Lebih Jauh Mengenal Tentang Short URL dan Rekomendasi Pemendek Link Terbaru 2023

21 Mar 2023  |  385x | Ditulis oleh : Admin
Lebih Jauh Mengenal Tentang Short URL dan Rekomendasi Pemendek Link Terbaru 2023

Penggunaan short URL atau link shortener dalam era digital saat ini tidak dapat dipungkiri memang sangat penting. Dalam dunia internet yang penuh dengan informasi, URL yang pendek dan mudah diingat menjadi hal yang sangat berguna bagi setiap orang. Terutama bagi mereka yang sering berinteraksi dengan media sosial atau berbagi tautan dengan orang lain.

Short URL membantu memperpendek panjang alamat URL asli dan membuatnya lebih mudah dibaca dan diterima. Dalam artikel ini, kami akan membahas lebih lanjut mengenai short URL dan bagaimana hal ini bisa membantu Anda dalam berbagi dan mengelola tautan online.

Sejarah Penggunaan Short URL

Sejarah penggunaan short URL dimulai sejak tahun 2002 ketika tidak banyak orang yang memiliki akses internet. Saat itu, URL yang pendek dan mudah diingat sangat penting untuk menghindari kesalahan ketika mengetikkan alamat URL.

Layanan short URL pertama yang dikenal adalah TinyURL, yang diluncurkan pada tahun 2002. TinyURL mempermudah pembuatan short URL dengan mengkompres alamat URL asli menjadi URL yang lebih pendek dan mudah diingat.

Sejak diluncurkan, TinyURL menjadi layanan short URL paling populer dan digunakan oleh banyak orang dan bisnis untuk mempermudah pemasarannya melalui media sosial dan berbagi tautan dengan orang lain.

Setelah diluncurkan, banyak layanan short URL lain muncul dan menawarkan fitur yang lebih baik dan lebih banyak. Namun, TinyURL tetap menjadi salah satu layanan short URL populer hingga saat ini. Layanan ini terus mengalami perkembangan dan menawarkan fitur baru untuk mempermudah pembuatan short URL dan membuat tautan lebih mudah dibaca dan diterima.

Seiring dengan pertumbuhan internet dan media sosial, short URL menjadi lebih populer dan banyak digunakan. Pada awalnya, short URL hanya digunakan oleh perusahaan dan organisasi untuk mempermudah pemasarannya melalui media sosial. Namun, sekarang short URL digunakan oleh individu dan bisnis dari berbagai bidang untuk membuat tautan yang lebih mudah dibaca dan diterima.

Cara Kerja Short URL

Pertama-tama, short URL bekerja dengan memproses alamat URL asli menjadi URL yang lebih pendek dan mudah diingat. Proses ini dilakukan dengan mengkompres alamat URL asli menjadi URL yang lebih pendek. Setelah itu, URL yang lebih pendek ini diteruskan ke server short URL, yang akan menyimpan URL asli dan membuat tautan antara URL yang lebih pendek dan URL asli.

Ketika seseorang mengklik URL yang lebih pendek, ia akan diarahkan ke server short URL, yang akan mengarahkannya ke URL asli. Ini memastikan bahwa URL yang lebih pendek selalu mengarahkan pengunjung ke halaman yang tepat.

Mengenal Short URL Come.to

Salah satu hal yang sering dilakukan oleh penyedia layanan short URL adalah mengharuskan pengguna login untuk dapat mengubah URL menjadi url yang lebih mudah dibaca, bukan sekedar random URL. Namun sekarang tidak perlu khawatir untuk para pemasar digital yang memerlukan layanan short URL yang tidak mengharuskan login bisa menggunakan rekomendasi short link dari Come.to.

Layanan Come.to memungkinkan pengguna membuat short URL costum dengan lebih cepat tanpa harus mendaftarkan diri sebagai pengguna mereka. Hal ini tentunya sangat membantu para digital marketer untuk mempercepat proses promosi channel marketing layanan yang mereka miliki dengan bantuan short URL.

Keunggulan layanan Come.to

Come.to memiliki layanan gratis maupun berbayar. Keduanya dapat digunakan untuk membuat link secara kostum, untuk versi gratis pengguna dapat membagikan link yang dapat digunakan untuk memperoleh 1 click perbulannya. Jika memang memiliki link yang cukup populer, bisa menggunakan versi berbayar.

Di versi berbayar ini ada keunggulan lain yang disiapkan come.to. Salah satunya adalah pembuat QR Code gratis yang memungkinkan kita untuk menggunakannya secara lebih praktis. Selain itu Come.to juga menyediakan fitur analitik untuk memantau efektifitas short link yang kita miliki. 

Baca Juga: