RajaKomen

Apa Itu Schema Markup, dan Perannya Dalam SEO ?

28 Des 2022  |  115x | Ditulis oleh : Admin
Apa Itu Schema Markup, dan Perannya Dalam SEO ?

Schema markup adalah kode HTML yang dapat ditambahkan ke halaman website yang bertujuan untuk memberikan informasi tambahan pada mesin pencari tentang konten yang ada di halaman tersebut. Informasi tambahan ini dapat membantu mesin pencari untuk lebih memahami konteks dan makna dari konten di halaman tersebut, sehingga dapat mempengaruhi ranking halaman di hasil pencarian.

Peran schema markup dalam SEO sangat penting, karena dapat membantu mesin pencari untuk lebih memahami konteks dan makna dari konten di halaman tersebut, sehingga dapat mempengaruhi ranking halaman di hasil pencarian. Selain itu, schema markup juga dapat meningkatkan visibilitas website di hasil pencarian dengan menampilkan informasi tambahan dalam snippet hasil pencarian, seperti rating, jam buka, harga, dan lain-lain.

Untuk menambahkan schema markup ke website, Anda dapat menggunakan struktur data yang dikembangkan oleh Schema.org, yang merupakan inisiatif bersama dari mesin pencari terkemuka seperti Google, Bing, Yahoo, dan Yandex. Struktur data ini menyediakan berbagai jenis markup yang dapat Anda gunakan untuk memberikan informasi tambahan tentang konten di halaman website, seperti artikel, produk, acara, lokasi, dan lain-lain.

Untuk menggunakan schema markup ke halaman website, Anda dapat menambahkan kode HTML ke halaman website, atau menggunakan plugin atau alat pihak ketiga yang tersedia. Pilihan terbaik tergantung pada kebutuhan dan preferensi Anda. Jika Anda memutuskan untuk menambahkan schema markup secara manual, pastikan untuk membaca dokumentasi yang tersedia di Schema.org untuk memahami cara penggunaan yang tepat.

Secara keseluruhan, schema markup adalah alat yang sangat bermanfaat bagi SEO karena dapat membantu mesin pencari untuk lebih memahami konteks dan makna dari konten di halaman website. Dengan menambahkan schema markup ke website, Anda dapat meningkatkan visibilitas website di hasil pencarian dan membantu mesin pencari untuk memberikan hasil yang lebih relevan kepada pengguna.

Itulah sedikit penjelasan tentang apa itu schema markup dan juga fungsinya dalam dunia SEO, tentu saja informasi ini sangat penting untuk diketahui terutama bagi Anda yang sering bergelut dalam dunia SEO atau peningkatan traffic sebuah website.

Baca Juga: