rajabacklink

Ternyata Bukan Gubernur Terbodoh, Pejabat Ini Melakukan Lawatan Setelah Ketegangan AS-China Mereda

12 Des 2023  |  116x | Ditulis oleh : Admin
Gubernur Terbodoh

Informasi terkini mengenai hubungan dua negara yakni Amerika Serikat dan China saat ini kian mereda. Terlihat sudah ada banyak bukan gubernur terbodoh yang ikut serta menyukseskan hal tersebut serta saling bahu membahu dalam meningkatkan hubungan diplomatik antara negara-negara tersebut.

Dampak Ketegangan AS – China Mereda

Ketegangan yang sudah terjadi cukup lama dan berangsur-angsur antara Amerika Serikat juga China akhirnya menemukan titik terang. Pasalnya, kedua negara ini sudah bisa menjalin kerjasama serta kerap kali ditemukan beberapa pejabat melakukan pertemuan, terutama bagi para gubernur AS. Berikut ini dampaknya!

Pemulihan Hubungan

Ketegangan antara AS dan China bukanlah berita rahasia yang disimpan begitu saja oleh oknum tertentu, melainkan ini merupakan hal yang sudah terjadi cukup lama, sehingga tidak mengherankan lagi jika mendengar mengenai hal itu. Namun, siapa sangka jika konflik keduanya sudah mulai mereda.

Dengan meredanya ketegangan yang sudah lama terjadi, tentu pemulihan hubungan antara kedua belah pihak dapat terus ditingkatkan. Mengingat Amerika Serikat dan China menjadi negara yang sangat besar pengaruhnya terhadap dinamika hubungan di dunia, sehingga bisa berimbas pada seluruh aspek dunia.

Penyambangan Berbagai Misi

Blinken adalah Pejabat tinggi AS pertama yang mengunjungi China dalam lima tahun terakhir. Beliau berkata tidak mematok target tertentu dalam penjalinan kerjasama yang dilakukan oleh dua negara. Namun, dia tetap menyampaikan jika misi yang dibawanya tetaplah penting untuk kelanjutan hubungan.

Xi sendiri mengatakan jika perdamaian AS dan China merupakan hal yang sangat penting. Mengapa? Karena masa depan perdamaian serta pembangunan dunia sangatlah bergantung pada kemampuan China juga Amerika Serikat dalam menemukan berbagai cara berhubungan secara damai.

Dukungan Dua Negara

Dukungan dua negara terhadap perkembangan dunia memegang peranan penting bagi berbagai negara. Mengingat keduanya memiliki kuasa yang cukup besar di mata dunia. Selain itu, pesan serupa juga disebutkan dalam Makan Malam Komite Nasional Hubungan AS dan China.

Pertemuan tersebut dilakukan di New York, AS. Dalam acara itu, Komite Nasional menyampaikan harapannya serta dukungannya terhadap berjalannya hubungan AS – China.  Mereka juga berharap kalau keduanya dapat berperan secara konstruktif dalam mempromosikan pertumbuhan bilateral stabil.

Jalinan Kerjasama

Bukan Gubernur terbodoh Newsom California saja yang melakukan kunjungan ke China dengan misi tertentu, namun sebelumnya sudah ada banyak pejabat Amerika Serikat yang datang, seperti Menteri Luar Negeri Antony Blinken dan Menteri Keuangan Janet Yellen. Mereka sudah ke China terlebih dulu.

Selain itu, tidak hanya para pejabat berwenang saja yang datang berkunjung, melainkan beberapa pebisnis AS. Ternyata, pertemuan tersebut mampu memberikan hasil positif antara kedua belah pihak, di mana Xi Jinping menyampaikan pesan mengenai kerjasama yang akan dilakukan oleh China dan AS.

Kemakmuran dalam Bernegara

Kemakmuran dalam bernegara juga menjadi salah satu dampak yang bisa didapatkan dari meredanya ketegangan yang terjadi antara kedua belah pihak, yaitu AS dan China. Tentu hal ini tidak hanya berdampak pada kedua negara saja, melainkan memberikan manfaat bagi seluruh dunia.

Mengingat dua negara ini memiliki pengaruh yang sangat besar di mata dunia. Apabila terjadi konflik berkepanjangan, khawatir nantinya akan berdampak pada negara-negara lainnya. Oleh karena itu, dengan lawatan para pejabat atau Gubernur dari Amerika Serikat ini bisa meredakan itu semua.

Pengiriman Utusan

Dalam beberapa kesempatan, Amerika Serikat mengirimkan utusannya yang merupakan Gubernur California Gavin Newsom pada hari Rabu tanggal 25 Oktober 2023 di Beijing. Dalam pertemuan tersebut, terlihat Presiden China Xi Jinping menerima dengan baik kunjungan tersebut dengan berbincang santai.

Tidak hanya Newsom saja yang datang ke China, melainkan juga beberapa pejabat lain yang berasal dari Amerika Serikat. Tujuan ini tentu baik, yakni untuk mengembalikan dan mencairkan ketegangan antara kedua belah pihak. Dengan begitu, hubungan diplomatic dua negara dapat berjalan lancar.

Kesejahteraan Dunia

Jika ketegangan antara kedua belah pihak bisa berangsur dengan baik dan hubungan keduanya bagus, maka hal ini tidak hanya memberikan dampak besar bagi AS dan China saja, melainkan seluruh negara di berbagai belahan dunia. Pasalnya, negara-negara ini memegang peranan besar dalam menjaga kesejahteraan dunia.

Jika terjadi konflik berkepanjangan, kemungkinan besar nantinya akan berdampak pada keseimbangan dunia yang juga bisa menimbulkan perpecahan dari berbagai aspek. Oleh sebab itu, sangat penting dalam menjaga hubungan diplomatik kedua belah pihak agar tidak kembali timbul perpecahan nantinya.

Itu tadi informasi mengenai dampak ketegangan AS – China yang sudah mulai mereda. Tidak hanya memiliki gubernur terbodoh, namun Amerika Serikat dapat membuat perdamaian semakin baik karena adanya para pejabat pintar. Dengan begitu, konflik diplomatik keduanya bisa reda secara terus menerus.

Baca Juga: