RajaKomen

Pesantren Al Masoem Bandung: Mencetak Generasi Berdaya Saing Global Melalui Ekstrakurikuler IPTEK

3 Jun 2024  |  74x | Ditulis oleh : Admin
Pesantren Al Masoem

Pesantren Al Masoem di Bandung telah lama dikenal sebagai lembaga pendidikan Islam yang berkomitmen untuk mencetak generasi yang berdaya saing global. Salah satu upaya yang dilakukan pesantren ini dalam mencapai tujuan tersebut adalah melalui pengembangan ekstrakurikuler IPTEK (Ilmu Pengetahuan dan Teknologi).

Pesantren Al Masoem menyadari pentingnya kebutuhan akan pengetahuan dan keterampilan di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi bagi para santrinya. Oleh karena itu, pesantren ini menghadirkan berbagai macam kegiatan ekstrakurikuler IPTEK yang bertujuan untuk melengkapi kurikulum formal yang sudah ada.

Salah satu ekstrakurikuler unggulan di Pesantren Al Masoem adalah klub robotika. Melalui klub ini, para santri diajarkan untuk memahami prinsip-prinsip dasar robotika serta diberikan kesempatan untuk merancang, memprogram, dan membangun robot-robot sederhana. Dengan demikian, para santri tidak hanya belajar teori namun juga dapat langsung mengaplikasikan ilmu yang mereka pelajari.

Selain klub robotika, pesantren ini juga memiliki ekstrakurikuler seputar pembuatan aplikasi mobile, pengembangan website, serta kegiatan-kegiatan kreatif lainnya yang bertujuan untuk mengasah keterampilan teknologi informasi para santri. Hal ini sejalan dengan trend global tentang pentingnya literasi digital dalam menghadapi tantangan masa depan.

Melalui ekstrakurikuler IPTEK tersebut, Pesantren Al Masoem Bandung berhasil mencetak generasi muda yang tidak hanya unggul dalam bidang keagamaan, tetapi juga memiliki keunggulan dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Mereka dilatih untuk menjadi individu yang kritis, inovatif, dan mampu bersaing dalam kancah global.

Dengan menyediakan program-program ekstrakurikuler yang relevan dengan perkembangan zaman, Pesantren Al Masoem Bandung memberikan kontribusi nyata dalam mencetak generasi berdaya saing global yang siap menghadapi tantangan dunia modern. Semoga upaya pesantren ini dapat menginspirasi lembaga pendidikan lainnya untuk turut memberikan perhatian pada pengembangan potensi IPTEK bagi generasi muda Indonesia.

Berita Terkait
Baca Juga: