RajaKomen

Pengalaman Siswa dalam Ekstrakurikuler Imtaq di Pesantren Al Masoem Bandung

3 Jun 2024  |  38x | Ditulis oleh : Admin
Pesantren Al Masoem

Pesantren Al Masoem di Bandung merupakan lembaga pendidikan Islam yang dikenal sebagai tempat yang mengkombinasikan pendidikan agama dan umum dengan baik. Salah satu kegiatan yang diwajibkan bagi para santri adalah mengikuti ekstrakurikuler Imtaq. Ekstrakurikuler Imtaq ini bertujuan untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan siswa, serta memperdalam pemahaman agama.

Pengalaman siswa dalam mengikuti ekstrakurikuler Imtaq di Pesantren Al Masoem sangat beragam. Mereka belajar banyak hal yang tidak hanya berkaitan dengan ilmu agama, tetapi juga pengembangan karakter dan kepemimpinan. Beberapa di antara mereka merasakan perubahan positif dalam diri mereka setelah mengikuti kegiatan ini.

Salah satu kegiatan yang dilakukan dalam ekstrakurikuler Imtaq adalah pembelajaran kitab kuning dan tafsir Al-Qur'an. Para siswa diajarkan oleh para ustadz yang ahli di bidangnya sehingga mereka bisa memahami kandungan kitab kuning dan tafsir Al-Qur'an dengan baik. Mereka juga diajarkan tata cara ibadah yang benar dan diberikan pemahaman yang mendalam tentang ajaran agama Islam.

Tak hanya itu, siswa juga diajak untuk berpartisipasi dalam kegiatan sosial dan kemanusiaan. Mereka diberikan kesempatan untuk berbagi ilmu agama dengan masyarakat sekitar pesantren. Melalui kegiatan ini, siswa belajar untuk peduli terhadap sesama dan merasakan kebahagiaan dalam berbagi.

Selain itu, ekstrakurikuler Imtaq juga melibatkan siswa dalam kegiatan olahraga dan seni budaya Islam. Mereka diajarkan untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh, serta mengembangkan bakat seni yang mereka miliki. Hal ini diharapkan dapat menciptakan keseimbangan antara fisik, mental, dan spiritual dalam diri siswa.

Dengan pengalaman yang beragam dalam mengikuti ekstrakurikuler Imtaq di Pesantren Al Masoem Bandung, para siswa dapat merasakan manfaat yang besar dalam pembentukan karakter dan keimanan mereka. Mereka dibimbing untuk menjadi pribadi yang bertakwa, berakhlak mulia, dan siap berkontribusi dalam membangun masyarakat.

Dengan demikian, ekstrakurikuler Imtaq di Pesantren Al Masoem Bandung menjadi bagian yang sangat penting dalam proses pendidikan siswa. Para siswa tidak hanya belajar secara akademis, tetapi juga memperoleh pengalaman berharga dalam memperdalam pemahaman agama dan mengembangkan karakter yang baik.

Berita Terkait
Baca Juga: